Translate

Friday 2 October 2015

JustSharing - Tips Edit Bisskey Rolling Pada Receiver Matrix Garuda HD Biru

Hai..Hai..
Sudah cukup lama niyh saya tidak membuat coretan di blog ini lagi.Kali ini saya kembali ingin membahas tentang receiver Matrix Garuda HD Biru.

Seperti yang sudah di bahas di artikel sebelumnya,salah satu kelebihan dari receiver Matrix Garuda HD Biru ini adalah support BISSKEY,sehingga receiver ini bisa digunakan untuk membuka siaran yang diacak BISS ( Basic Interoperable Scrambling System ).Kelebihan inilah yang mungkin menjadikan receiver ini sebagai  salah satu pilihan bagi para pencinta siaran tv satelit,karena receiver ini cukup ramah untuk diajak bertamasya ke satelit lain.

Nah,beberapa waktu yang lalu di beberapa forum satelit,saya sempat melihat beberapa status yang menyebutkan kalau key ARY DIGITAL ( Pakistan ) yang ada di satelit ASIASAT 7 berhenti/stop rolling.Selain itu,status-status tersebut juga mengedarkan key yang digunakan oleh ARY DIGITAL ( Pakistan ) yang terdiri dari 16 digit kombinasi angka/huruf.Dengan memasukkan key tersebut ke receiver,maka channel-channel dari ARY DIGITAL ( Pakistan ) akan dapat dibuka/ditonton.Namun menurut informasi yang saya dapatkan,tidak semua receiver dapat membuka channel –channel dari ARY DIGITAL ( Pakistan ) meskipun receiver tersebut sudah dimasukkan key dari ARY DIGITAL ( Pakistan ).

Menurut data yang saya dapatkan dari LYNGSAT, ARY DIGITAL ( Pakistan ) menggunakan frekuensi 4060 V 26666 di satelit ASIASAT 7.Channel-channel yang termasuk dalam ARY DIGITAL ( Pakistan ) diantaranya : ARY ZINDAGI , NICKELODEON PAKISTAN , ARY DIGITAL ASIA , ARY DIGITAL UK , ARY QTV , ARY MUSIK , ARY DIGITAL UAE , ARY NEWS UK & EUROPE , ARY NEWS PAKISTAN , HBO PAKISTAN , ARY DIGITAL USA , ARY ZAUQ.
Dari 12 channel yang masuk dalam ARY DIGITAL ( Pakistan ),hanya ARY ZINDAGI , ARY DIGITAL ASIA , ARY QTV , dan ARY MUSIK yang siaran secara FTA ( Free To Air )/gratis sedangkan sisanya diacak dengan IRDETO  .

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan ,jenis acakan IRDETO adalah jenis acakan yang bisa dikatakan mustahil untuk dibuka,karena key dari acakan ini rolling setiap 5-15 detik sekali.Acakan IRDETO ini hanya dapat dibuka jika key yang digunakan berhenti/stop rolling.Di Indonesia,acakan IRDETO ini digunakan oleh 2 provider tv berbayar/berlangganan,yaitu TRANSVISION dan ORANGE TV.

OK saatnya BACK TO TOPIC…..

Melihat key ARY DIGITAL ( Pakistan ) yang disebarkan melalui forum-forum satelit yang terdiri dari 16 digit kombinasi angka/huruf sehingga mirip dengan BISSKEY,sayapun iseng-iseng mencoba memasukkan key tersebut ke receiver Matrix Garuda HD Biru yang saya gunakan.Dengan hanya menekan TOMBOL BIRU pada REMOTE CONTROL kemudian memasukkan key yang saya dapatkan dan ternyata akhirnya BERHASIL…BERHASIL……siaran yang tadinya teracak,akhirnya bisa terbuka lebar untuk ditonton.
 
Channel HBO di Satelit ASIASAT 7

Namun ternyata key dari ARY DIGITAL ( Pakistan ) tidak bertahan lama.Beberapa jam kemudian,key yang digunakan ARY DIGITAL ( Pakistan ) kembali rolling sehingga siaran yang tadinya bisa ditonton berubah menjadi gelap gulita…

Beberapa hari kemudian,kembali saya menemukan beberapa status di forum-forum satelit yang menginformasikan kalau key dari ARY DIGITAL ( Pakistan ) kembali berhenti/stop rolling.Selain menginformasikan kalau key dari ARY DIGITAL ( Pakistan ) berhenti/stop rolling juga beredar key yang digunakan oleh ARY DIGITAL ( Pakistan ).Namun key yang beredar kali ini,meskipun masih terdiri dari 16 digit kombinasi angka/huruf,namun kombinasinya berubah dari key yang sebelumnya.

Karena kombinasi key yang digunakan berbeda dengan key sebelumnya,maka kita harus memasukkan ulang key baru/mengedit key sebelumnya untuk bisa membuka siaran dari ARY DIGITAL ( Pakistan ).

Meskipun receiver Matrix Garuda HD Biru ini support BISSKEY dan juga support dengan key yang digunakan oleh ARY DIGITAL ( Pakistan ),namun receiver ini cukup merepotkan jika harus merubah/mengedit key acakan suatu siaran/channel.Tidak seperti receiver Matrix Starlink HD Ethernet yang bisa langsung merubah/mengedit key,receiver Matrix Garuda HD Biru membutuhkan trik khusus untuk dapat merubah/mengedit key.

Untuk bisa merubah/mengedit key pada receiver Matrik Garuda HD Biru,dibutuhkan beberapa langkah,yaitu :
  • Pada channel yang key-nya akan dirubah/edit,tekan TOMBOL BIRU pada REMOTE CONTROL untuk masuk ke menu BISSKEY.
  • Kemudian isi/ubah key yang sudah ada menjadi 0 ( NOL ) semua .

  • Setelah key diubah/diedit menjadi angka 0 ( NOL ) semua,tekan TOMBOL KUNING pada REMOTE CONTROL untuk menyimpan key tersebut.
  • Untuk memastikan key yang baru ( 0 ( NOL ) semua ) sudah berjalan/berfungsi,pindahkan ke channel lain.
  • Setelah channel dipindahkan,kembali lagi ke channel yang akan dirubah/diedit key-nya.Apabila muncul pesan SIARAN ACAK pada channel yang key-nya  akan dirubah/diedit,maka dipastikan key 0 ( NOL ) semua yang sudah dimasukkan sudah tersimpan.
  • Tekan kembali TOMBOL BIRU pada REMOTE CONTROL untuk masuk ke menu BISSKEY  kemudian masukkan key yang baru kemudian tekan TOMBOL KUNING pada REMOTE CONTROL untuk menyimpan key yang sudah dimasukkan/diinput tadi.
  • Apabila key yang baru tadi benar maka siaran/channel yang diacak akan kembali terbuka dan bisa disaksikan/ditonton kembali.
Trik merubah/mengedit key tadi juga dapat diterapkan/digunakan pada satelit lain terutama pada channel FEED yang ada di ASIASAT 5.

Semoga artikel yang baru ini dapat bermanfaat bagi pengguna receiver Matrix Garuda HD Biru.

Terima Kasih.


No comments: