Hy..Hy…semua
Masih dalam suasana hari raya Idul Fitri , saya ingin
mengucapkan selamat Hari Raya Idul
Fitri 1436 H , Minal Aidzin Wal Faidzin , Mohon Maaf Lahir & Bathin
bagi pembaca yang merayakan .
Artikel kali ini , saya ingin membahas kembali tentang pay
tv MATRIX GARUDA . Setelah sebelumnya saya sudah
melakukan review tentang receiver MATRIX GARUDA HD BIRU ,
kali ini saya ingin membahas tentang salah satu masalah yang sempat saya alami
saat menggunakan receiver MATRIX GARUDA HD BIRU ini
. Mungkin para pembaca mengatakan kalau artikel ini sebagai sebuah curhat ,tapi
artikel ini saya buat untuk para pembaca yang sudah menggunakan receiver MATRIX GARUDA dan mungkin mengalami masalah seperti yang saya
alami .
Untuk harga receiver MATRIX GARUDA HD BIRU ini
ada di kisaran harga antara Rp.250.000 – Rp.350.000 , tergantung dari daerah
masing-masing . Kebetulan , receiver matrix garuda hd biru yang saya dapatkan
ini , saya beli dengan harga terendah yang saya sebutkan , selain itu di dalam
box , sudah disertai dengan paket voucher NUSANTARA senilai
Rp.150.000 di tambah lagi dengan promo Aktivasi free all channel ( paket MERAH PUTIH
) selama 3 bulan . Kalau dihitung-hitung , dengan total bonus yang saya
dapatkan , bisa dikatakan kalau receiver ini diberikan secara GRATIS .
Namun , setelah saya menggunakan receiver ini selama kurang
lebih 2 minggu , muncul masalah yang sempat membuat saya cukup panik . Seluruh
channel premium MATRIX GARUDA , tidak dapat dibuka (
diacak/discrambled ) dan muncul pesan di layar TV , “Match STB ID dan SMC
ID diperlukan untuk menonton program ini “. Melihat masalah ini ,
saya sempat merasa tertipu oleh matrix
garuda , karena yang seharusnya saya mendapatkan free all channel ( paket MERAH PUTIH ) selama 3
bulan , ternyata baru 2 minggu , siaran premium sudah gelap .
Berbagai cara sudah coba saya lakukan untuk mengatasi
masalah ini , mulai dengan melakukan refresh
di www.matrixparabola.com/hp/ ,
kemudian melakukan scan ulang transponder 3460 H 29900 milik matrix garuda
di satelit PALAPA D sampai dengan mereset ulang receiver , tapi masalah yang saya alami
belum bisa teratasi . Akhirnya , saya teringat dengan kata PAIRING .
Saya sempat berpikir apakah receiver saya memerlukan PAIRING ?? Untuk beberapa pay tv di Indonesia yang SMART CARD/KARTU TAYANG –nya bisa dicabut-pasang sesuka
hati , biasanya operator pay tv tersebut
akan melakukan PAIRING antara SMART CARD/KARTU TAYANG
dengan RECEIVER untuk menghindari pembajakan content/channel
, sedangkan receiver matrix garuda ini
bisa dikatakan sama dengan receiver ORANGE TV atau SKYNINDO yang SMART CARD/KARTU TAYANG –nya sudah terpasang secara paten (
tidak dapat dicabut-pasang ) didalam receiver , sehingga saya berpikir untuk
apa SMART CARD/KARTU TAYANG-nya harus di- PAIRING , toch SMART CARD/KARTU TAYANG –nya tidak dapat dicabut-pasang sesuka
hati .
Oh iya , sebelum melanjutkan , mungkin saya coba sedikit
menjelaskan maksud dari PAIRING .
Sesuai dari arti kata PAIRING yang berarti
menyatukan/memasangkan , adalah proses menyatukan/memasangkan SMART CARD/KARTU TAYANG dengan RECEIVER sehingga
SMART CARD/KARTU TAYANG tersebut tidak akan dapat digunakan pada receiver/perangkat lain
meskipun receiver tersebut dikeluarkan oleh operator pay tv yang sama .
Operator pay tv melakukan PAIRING dengan tujuan
untuk menghindari pembajakan terhadap content/channel dari pay tv . Operator
pay tv yang tidak melakukan PAIRING terhadap SMART CARD/KARTU TAYANG tentu akan rentan terhadap pembajakan
karena SMART CARD/KARTU TAYANG yang tidak di-PAIRING sering disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak
bertanggung jawab untuk mengambil keuntungan .
SMART CARD/KARTU TAYANG yang tidak di –PAIRING oleh pihak operator , akan dapat
digunakan pada receiver/perangkat lain . Receiver/perangkat lain tersebut kemudian dihubungkan dengan layanan server CARD SHARING/CCCAM .Pemilik layanan server CARD SHARING/CCCAM ini kemudian memberikan/membagikan/menjual layanannya kepada orang-orang yang ingin mengakses data-data pada SMART CARD/KARTU TAYANG yang telah terhubung dengan layanan CARD SHARING/CCCAM tadi . Untuk dapat mengakses data-data yang ada pada SMART CARD/KARTU TAYANG yang telah terhubung dengan layanan server CARD SHARING/CCCAM tadi , kita tinggal meminta alamat SERVER , PORT , USERNAME dan PASSWORD ( biasa disebut TIKET ) kepada pemilik Layanan CARD SHARING/CCCAM , kemudian memasukkan TIKET tersebut ke receiver yang memiliki fitur CCCAM dan mengkoneksikan receiver tersebut dengan LAYANAN INTERNET melalui LAN/MODEM . Setelah receiver yang sudah berisi TIKET tadi terhubung dengan layanan server CARD SHARING/CCCAM melalui koneksi internet , maka receiver tersebut akan bisa membaca data-data yang ada pada SMART CARD/KARTU TAYANG dan dapat membuka siaran/channel premium dari operator pay tv yang mengeluarkan SMART CARD/KARTU TAYANG tersebut . Layanan CARD SHARING/CCCAM inilah yang sering disebut dengan istilah `FLY`. Jadi bisa dibayangkan , cukup dengan satu SMART CARD/KARTU TAYANG , tapi data-data di dalam SMART CARD/KARTU TAYANG dapat diakses oleh banyak orang hanya karena SMART CARD/KARTU TAYANG tersebut tidak di -PAIRING oleh operator pay tv .
Oke ,back to
topic , MATRIX PARABOLA yang
merupakan salah satu produsen alat-alat parabola yang juga sekaligus pemilik
brand MATRIX GARUDA tentu sudah
paham dengan cara kerja CARD SHARING
atau yang lebih dikenal dengan istilah `FLY`
, karena beberapa receiver yang diproduksi oleh MATRIX PARABOLA seperti MATRIX
STARLINK V HD ETHERNET atau MATRIX
PROLINK HD ETHERNET memiliki fitur CCCAM
yang dapat digunakan untuk `FLY`.
Karena alasan itulah , meskipun dengan sedikit ragu-ragu ,saya mencoba
menghubungi Customer Service Matrix Garuda untuk meminta PAIRING , dengan harapan masalah yang terjadi pada receiver
saya bisa teratasi . Dengan hanya menyebutkan nomor pelanggan ,
kemudian meminta PAIRING ulang
melalui sistem , dan kemudian hanya
menunggu beberapa menit , akhirnya channel-channel premium Matrix Garuda pun
bisa saya nikmati kembali . Ternyata arti kotak pesan “Match STB ID dan SMC ID diperlukan untuk menonton program ini “ yang
muncul di layar TV adalah permintaan untuk melakukan PAIRING agar
SMART CARD/KARTU TAYANG dapat berfungsi pada
receiver.Pesan tersebut mungkin muncul karena SMART CARD/KARTU TAYANG
mengalami ERROR dalam membaca nomor seri receiver .
Untuk anda yang mungkin membutuhkan layanan Customer Service
Matrix Garuda dapat menghubungi nomor 0804 1 628749 atau nomor 021 29587295 atau anda dapat juga meng-invite pin BBM 562F1B0D
Apabila anda ingin menghubungi Customer Service Matrix
Garuda , sebaiknya anda mempersiapkan nomor ID pelanggan anda agar Customer
Service yakin kalau anda adalah benar pelanggan Matrix Garuda . Untuk anda yang
mungkin tidak mengingat nomor ID anda , karena nomor ID Matrix Garuda cukup
panjang , anda dapat menekan tombol CAS ( tombol berwarna HIJAU ) pada remote control untuk menampilkan SMART CARD INFORMATION . Nomor ID anda tertera pada SMART CARD NUMBER yang terdiri dari 16 digit angka.Untuk
keluar dari menu SMART CARD INFORMATION , anda dapat menekan
tombol EXIT pada remote control .
Mudah-mudahan artikel yang saya buat ini dapat bermanfaat
untuk anda , terutama bagi pelanggan Matrix Garuda yang memiliki masalah seperti yang saya alami .
Sekian dan Terima Kasih .
No comments:
Post a Comment